Senin, 24 Februari 2014

Jika sinar lampu motor anda kurang terang atau suara klakson kurang kencang, mungkin anda bisa mengatasinya dengan menambahkan sebuah komponen yang bernama relay. Anda tidak perlu khawatir lagi dengan accu yang akan cepat habis (drop) seperti halnya jika kita memasang  lampu HID pada motor

Gambar dibawah ini akan mencontoh kan pemasangan relay dari pemikiran saya :) :


Kode angka pada relay serta arah instalasi kabel
  • Kode 30, yaitu terminal kabel arus utama dari battery, upayakan memakai kabel berwarna merah yang lebih besar. untuk keamanan instalasi tambahkan fuse / sekring, 
  • Kode 86, terminal kabel dari switch / saklar ( + ), baik pada pemakaian lampu / klakson / komponen lain yang diterapkan memakai relay, 
  • Kode 85, terminal kabel massa / ground
  • Kode 87, terminal kabel beban ( + ), baik pada pemakaian lampu / klakson / komponen lain yang diterapkan memakai relay. 
Berikut saya ada contoh nih buat yang mau pasang relay pada lampu :

Mungkin anda kurang puas dengan lampu anda?Gampang , caranya hanya menambahkan relay saja, asalkan anda tau cara pemasangan nya bagaimana

Nih saya ada gambar yang mana yang salah yang mana yang benar

Contoh gambar perakitan yang SALAH

Inilah gambar perakitan yang BENAR


Kurang Jelas ? Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini

Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

10 komentar:

  1. Permisi gan,saya mau tanya saya sudah pasang sesuai skema relay yang agan kasih,tapi kok aki malah tekor ya??mungkin ada solusi gan??terimakasih

    BalasHapus
  2. Mas sya mau tanya kalo lampu motor saya sdh pake lampu LED apakah bisa pake rilay ataw ga usah pake rilay

    BalasHapus
  3. Kalau sy pasang sesuai sekema tsb malah aki sy tekor. Gimn solusinya gan...???
    Tolong dijwb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajar Mas, soalnya arus lampu langsung ngambil dari Aki, jadi beban aki bertambah.
      Untuk meminimalisirnya, lebih baik pasangkan saklar on-off, nyalakan saja lampu saat mesin menyala, jadi beban aki berkurang karena dibantu oleh arus dari spul yg men-charge aki.

      Hapus
  4. Serius 85 itu terminal ke masa bang?

    BalasHapus
  5. Yg benar kode 85 itu untuk ke saklar / kunci kontak!!!!

    BalasHapus
  6. Setau saya sie gk masalah antara kaki 85 dan 86 tertukar, karena kedua kaki tersebut adalah coil yg berfungsi sebagai saklar ...

    BalasHapus
  7. Setau saya sie gk masalah antara kaki 85 dan 86 tertukar, karena kedua kaki tersebut adalah coil yg berfungsi sebagai saklar ...

    BalasHapus
  8. kalau boleh minta no wa bos soalnya saya pasang ga bisa bisa

    BalasHapus